Pencarian

Katalog judul

Perpustakaan Skripsi Online


Perkembangan pendidikan secara nasional di era reformasi, yang sering disebut-sebut oleh para pakar pendidikan maupun oleh para birokrasi di bidang pendidikan sebagai sebuah harapan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini dengan berbagai strategi inovasi, ternyata sampai saat ini masih belum menjadi harapan. Bahkan hampir dikatakan bukan kemajuan yang diperoleh.

Kalimat tersebut mungkin sangat radikal untuk diungkapkan, tapi inilah kenyataan yang terjadi dilapangan, sebagai sebuah ungkapan dari seorang Dosen yang mengkhawatirkan perkembangan pendidikan dewasa ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa karya ilmiah, baik yang berupa skripsi, thesis, jurnal, penelitian, dan lainnya kini hanya menumpuk diperpustakaan dan dalam rak-rak buku kampus-kampus. Banyak juga karya ilmiah dari hasil mahasiswa yang sudah lulus menjadi tidak berguna karena hanya disimpan sebagai "kenang-kenangan". Padahal kalau karya tersebut terpublikasikan, besar peluangnya untuk menjadi sumber inspirasi dan media pengembangan bagi masyarakat yang haus dan peduli terhadap ilmu pengetahuan.

Berkembangnya ilmu pengetahuan tak luput dari semua pihak baik pemerintah, guru, dosen, mahasiswa dan seluruh komponen masyarakat mempunyai peranan yang besar, karena semakin kita tak peduli dengan itu, maka dampak yang ditimbulkannya dapat kita rasakan sekarang, budaya konsumerisme bangsa, meningkatnya pengangguran dan kriminalitas, selanjutnya bangsa ini akan tergilas oleh arus globalisasi yang sedemikian kompleks.

Hadirnya media online ini diharapkan dapat membantu teman-teman dalam menyusun karya ilmiah. Walaupun kami sadar terjadinya pro kontra tentang media online seperti ini karena berkaitan dengan karya akademik. Hal ini dikhawatirkan terjadinya plagiat. Plagiat adalah pendapat karya atau hasil penelitian orang lain yang diakui sebagai pendapat, karya, atau hasil penelitian sendiri. Bentuk-bentuk yang dikategorikan kegiatan plagiat adalah:

1. Mengutip pendapat orang lain tanpa menyebut sumbernya.

2. Menjiplak seluruhnya atau sebagian hasil karya orang lain, seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi.

Untuk menghindari hal tersebut, kami sediakan forum diskusi bagi member untuk membahas karya ilmiah yang sedang dibuat.

KoleksiSkripsi.com adalah situs perpustakaan skripsi online. Kami berharap dengan adanya situs ini dapat bermanfaat dan dapat membantu dalam menyelesaikan karya ilmiah Anda. Suatu usaha tak akan menjadi sia-sia kalau kita mulai dengan niat baik dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya, kami akan selalu terbuka jika ada saran kritik yang membangun dari anda.

Salam sukses,
www.KoleksiSkripsi.com





Sistem Administrasi Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Terhadap Peningkatan Kinerja

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Keberhasilan perusahaan dalam pencapaian tujuan sebagaimana ditetapkan oleh pendirinya maupun tujuan dari orang-orang yang bekerja di dalamnya sangat dipengaruhi oleh sumber daya (resources) yang dimilikinya. Peningkatan sumber daya tersebut bisa berupa peningkatan dalam sumber daya manusianya, maupun sumber daya pendukung lain yang menyangkut sarana dan prasarana.
Moekijat dalam buku Administrasi Kantor mengatakan, bahwa peningkatan dalam kedua sumber daya tersebut akan berhubungan langsung dengan peningkatan mutu dari produk atau jasa yang dihasilkan. Peningkatan Sumber Daya Manusia dapat dicirikan dengan semakin terampilnya staf/karyawan sehingga akan berimplikasi pada kenaikan kinerja dari lembaga tersebut. Sedangkan peningkatan Sumber Daya Alam—atau sumber daya pendukung lainnya—akan tampak pada bertambahnya sarana dan prasarana yang dimiliki, masa pakai yang lebih lama dari seluruh barang yang ada dalam perusahaan sebagai akibat dari kualitas pemeliharaan yang dilakukan dan peningkatan aspek teknologi yang digunakan.
Dari sudut pandang Administrasi Kepegawaian, tujuan sebuah instansi/lembaga dapat tercapai hanya melalui pengelolaan yang baik serta merupakan interaksi antara individu yang berada di dalamnya. Sebagai sebuah perusahaan profesional, mutu dari peningkatan pelayanan terhadap pelanggan tergantung sekali pada mutu personalianya. Dalam hal ini karyawan, baik yang berada pada level manajer maupun level bawah, merupakan sumber daya yang paling berharga. Jadi, dengan demikian perusahaan yang profesional jelas memerlukan staf yang profesional juga, yaitu yang mampu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya.
Begitu pula dalam pandangan Administrasi Perbekalan, yaitu bidang administrasi yang mempunyai konsentrasi kepada masalah sarana dan prasarana sumber daya alam, yang berkaitan secara langsung dengan proses pembelian barang, pencatatan dan pengurusan harta benda, teknik penyimpanan dan perawatan barang, prosedur penyingkiran benda yang tak diperlukan lagi, pengurusan dan pemeliharaan gedung, dan penyusunan tata ruang kantor. Dalam pandangan administrasi perbekalan, Sumber Daya Alam, yang menyangkut sarana dan prasarana, juga sangat menentukan terhadap suksesnya kegiatan perusahaan. Apabila sarana dan prasarana tidak mendukung maka akan menjadi kendala tersendiri bagi karyawan dalam menjalankan kegiatan rutinnya.
Peningkatan dalam bidang perbekalan atau sarana dan prasarana adalah berarti meningkatkan efisiensi material dan memaksimalkan output dalam bentuk pelayanan terhadap pelanggan. Terlebih lagi, perusahaan yang diteliti yaitu PT Cipta Hasil, bergerak dalam bidang penyewaan alat berat, sehingga pemeliharaan alat berat yang dimiliki dan sarana-sarana pendukung lainnya, merupakan hal yang inti karena berkaitan dengan kegiatan utama perusahaan.
Berkenaan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai “PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PENYEWAAN ALAT BERAT PADA PT CIPTA HASIL, KOTA CIREBON”.

1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagaimana sistem administrasi, khususnya sistem pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana dan lebih khusus alat berat yang dimiliki PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon?
2. Bagaimana kinerja PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon dalam bidang penyewaan alat berat?
3. Bagaimana pengaruh sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja dalam bidang penyewaan alat berat pada PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon?


1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari setiap penelitian adalah untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan sebagaimana yang telah dirumuskan pada perumusan masalah di atas, yaitu:
1. Untuk mengetahui sistem administrasi, khususnya sistem pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana dan lebih khusus alat berat yang dimiliki PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon.
2. Untuk mengetahui kinerja PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon dalam bidang penyewaan alat berat.
3. Untuk mengetahui pengaruh sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja dalam bidang penyewaan alat berat pada PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon.

1.4 Kegunaan Penelitian
1. Kegunaan Akademik
a. Mendapatkan data dan fakta yang sahih mengenai pengaruh sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja dalam bidang penyewaan alat berat pada PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon.
b. Memberikan sumbangan bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, terutama bagi kemajuan ilmu administrasi, yang penulis dapat di bangku perkuliahan.
b. Manfaat praktis
a. Menambah perbendaharaan referensi di Perpustakaan Umum STIAKIN, Kota Cirebon.
b. Merupakan sumber referensi bagi jurusan ilmu administrasi, yang akan meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja.
c. Memberikan masukan bagi PT. Cipta Hasil, Kota Cirebon, mengenai urgensitas pemeliharaan sarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

1.5 Hipotesa
Hipotesa pada dasarnya merupakan suatu proposisi atau anggapan yang mungkin benar, dan sering digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan/pemecahan persoalan ataupun untuk dasar penelitian lebih lanjut.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan hipotesis sebagai berikut:
H0 : Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (berarti) antara sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja.
H1 : Terdapat pengaruh yang signifikan (berarti) antara sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja.

1.6 Metodologi Penelitian
1.6.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian akan dilakukan pada PT. Cipta Hasil yang berkedudukan di Kota Cirebon selama 3 bulan, terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2007.

1.6.2 Metode dan Ruang Lingkup Penelitian
Metode dalam penelitian menurut tingkat eksplanasi (penjelasan)nya dibagi menjadi tiga jenis:
1) Metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang bersifat untuk mengetahui dan menjelaskan nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain;
2) Metode komparatif, adalah suatu metode yang bersifat membandingkan dari suatu variabel untuk sampel yang lebih dari satu atau dalam waktu yang berbeda; dan
3) Metode penelitian asosiatif/hubungan, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode ini berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala/peristiwa.
Dikarenakan penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh sistem administrasi pemeliharaan (maintenance) sarana dan prasarana terhadap peningkatan kinerja penyewaan alat berat pada PT Cipta Hasil, maka metode yang digunakan adalah mengacu pada metode asosiatif seperti telah dijelaskan pengertiannya di atas.
Sedangkan ruang lingkup penelitian akan membahas 2 variabel penelitian, yaitu:
1. Sistem Administrasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Alat Berat (yang
operasionalnya mencakup: data tentang biaya untuk pemeliharaan)
2. Kinerja perusahaan (yang operasionalnya mencakup: data tentang
pendapatan nilai penyewaan alat berat).

1.6.3 Jenis Data dan Variabel yang Digunakan
Jenis data dalam penelitian ini bersifat expost facto, yaitu mengeksplorasi data-data yang telah tersedia, yaitu data Sistem Administrasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Alat Berat dan data tentang Kinerja perusahaan, dalam bentuk nilai penyewaan alat berat pada PT Cipta Hasil, Kota Cirebon.
Penelitian ini memiliki 2 (dua) variable, yaitu satu Variabel Bebas (X), yakni Administrasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Alat Berat, dan satu Variabel Terikat (Y) yakni Kinerja perusahaan. Sedangkan Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, yaitu desain yang akan mengungkap hubungan korelatif satu variabel atau lebih. Penerapannya dalam penelitian ini adalah akan mengkorelasikan, satu variabel sebagai variabel bebas (X), dan satu variabel lagi sebagai variabel terikat (Y). Adapun desain korelasinya adalah sebagai berikut:

Sponsor

Teman DiskusiSkripsi.com

 

SKRIPsi In aCTion




Cuepetan...., Keburu Tua...!!!

Menunda hanya akan menambah, puaarahhh kondisi baik secara Mental, financial,..... wah buanyak dampak lainnya. Action dan Execution Focus... focus... focus... "Rawe rawe rantas... malah-malah mutung malang-malang putung" tidak ada tindakan yang lebih baik selain go n action....
Selesaikan segeraaa atau SIAP-SIAP di tendang dari kampus

Jangan Sepelekan Skripsi


Jangan Pernah menyepelekan skrispi, Biarpun anda Anggap Skripsi is Very2 Easy.. wwauu... biarpun Guuampang tapi kalo di tunda2 tunda teruss... wahhh.. bisa bakal bisa jadi BOOMERANG.. yang siap melempaRR kita dari KAMPUS... walah..walah "eman-eman" bangetttt, mengingat perjalankan panjang yang udah di habiskan di "PENJARA AKADEMIK" demi satu LEMBAR yang orang sering namakan "IJAZAH" ayooo mana ijazah mu, lumayan siapa tau laku buat di "gadai" di perusahaan-2 (itu PUN kalo nilai nya BAGUS...) kalo JELEK... *siap2 meratapi NASIB.....

Segera SELESAIKAN SKRIPSI-MU


INGAT PEPATAH.. KUNO, pekerjaan yang di tunda-tunda akan berAkibat....
kalo di Aplikasikan dengan keHidupan kita, emang ada benarnya...
Kalo bisa di kerjakan sekarang kenapa harus di tunda-tunda, Karena besok kita PASTI akan ada pekerjaan yang SIAP menunggu.
Apalagi Skripsi yang kalo gak pintar-pintar atur-atur waktu bisa bikin MEMBOSANKAN. ini fakta dan gak hanya ada di ENdonesia. Kenapa skripsi yang kalo serius dan fokus cuma butuh waktu 2-3 bulan saDja.... sudah kelaRR kaldang sampai bisa 5-10 tahunn... wauuuu gak percaya.... it's oke waktu dalam waktu tersebut prokuktif bisa nGASilin 100 juta per bulan.. lhaaaa.... celakanya kalo.... cuma NganguRR... walahhhhh.....

Skripsi Sebuah Perjalann Puanjang

BUKAN hal yang mengherankan ketika ada Orang yang 10 tahun baru lulus jenjang SARJANA.... 10 tahun.... wauuu, Kenapa HERAN...

Jangan berprasangka BURUK dullu...... 10 tahun BARU LUSUS SARJANA, it's oke.... yang terpenting sudah bisa membuat sebuah PRESTASI yang mengagumkan....
yang menjadi pertanyaan.... adalah bagaimana kalo, Udah lulusnya lama, dan tidak ada prestasi APAPUN.. walah..walah....

BANDINGKAN...
LULUS sarjana TIDAK PUNYA SKILL APAPUN...
NILAI di BAWAH RATA-RATA... lebih celaka lagi..... nilai ERRORR
mana ada perusahaan yang butuh.....

FAKTA
Setiap tahun kampus "memproduksi sarjana2 MUDA" sementara lapangan kerja, TIDAK SEIMBANG,
FAKTA
Setiap SARJANA yang baru LULUS PASTI ingin BEKERJA
baik yang definisi GOBLOK apalagi yang PINTAR PASTI ingin BEKERJA....
INI FAKTA lhoo... tapi JARANG yang berpikir sampai sini (termasuk saya)
Bersambung.....

Karena Skripsi

Bagi kebanyakan Orang, skripsi itu menjadi sesuatau yang "menyebalkan".....(termasuk saya) kenapa demikian, makluk skripsi ini yang kalo gak kita ati-ati memanage bisa jadi MUSUH BESAR... yahh.. lagi-lagi FAKTA bicara... tidak sedikit yang DO alias Droopp Out dari kampus gara-gara makluk skripsi ini..... wahhhhh sangat-sangat di sayangkan, setelah sekian tahunn bergumul dengan buku... gara-gara hal sepele jadi Hilang semua....... harapan dan cita-caita, Skipsi bisa jadi kawan, bisa juga musuh dalam selimut, yang kalo gak ati2... bisa jadi boomerang....

Skripsi menjadi Beban Mental

Skripsi meskipun hal sepele tapi tidak bisa di sepelekan juga, yahhh... mungkin kalo di umpamakan bak makan buah simala kama... mau bagaimana lagi... kalo gak di kerjakakan bakalan celaka... nahhhh giliran di kerjakan bikin pusiiing 7 keliling..... Salah satu Obat yang palin2 Mujarobat yahhh.... di Manage dari awal2.. misal dengan memilih topik/ tema yang sewarna dengan apa yang kita sukai....
sewarna maksud saya... sesuai dengan hal2 yang kita sukai.... jadi meskipun dengan sangat keterpaksaan kita negrjaiin skripsii.. keterpaksaan itu bisa kita jadikan... sarana ber improvisasi dari hal yang sebenarnya kita tidak sukai (BENCI) tapi karena ada hubungannya dengan... sesuatu yang kita sukai jadi..... berbaur antara suka dan tidak.... (setengah2)... go outt to skripsi... Warning kalo gak ati-ati bisa jadi beban mental

Skripsi itu Mudah kata teori

Menurut MASTER of skripsi... sebenernya skripsi it's easy, yaa.. saya setuju just teori... yang penting focus dan mau membaca, ini jurus ampuhnya, Mengapa hingga detik ini skripsi masih masih menjadi dilema Bagi sebagian Orang untuk sekedar mendapatkan "embel2" gelar Sarjana.... JAWABnya kembali pada orang yang menjalani...
Sangat2... irOnis ketika punya keinginan selesai skripsi dengan predikat memuaskan... tapi skripsi tidak pernah di Kerjakan... Yahh ini lah model2 anak jaman seperti era saat ini (spt saya).......

Kenapa Skripsi ku tidak kunjung selesai

Kenapa skripsi ku tidak kunjung selesai,
Benar-benar menjadi sebuah DILEMA yang cukup membebani (secara mental pada khususnya) ketika skripsi tidak juga kunjung usai.
Beberapa Faktor yang menjadi bebeban mental ketika skripsi tidak selesai-selesai:
- Faktor DANA, mau tidak mau kita harus tetap bayar admintitrasi kampus
- Faktor USIA, umur yang makin terus bertamabah TUA,
- Faktor SOSIAL, malu dengan lingkungan sekita, teman2, Orang tua,
- Faktor KESEMPATAN KERJA MAKIN KECIL,
- Faktor produktivitas Otak yang semakin Menurun (malas)
- Belum lagi Faktor PACAR yang minta DIKAWINI.. he he.. SKRISI DERATANYA TIADA AKHOR ehh AKHIR....

SeKriPsi Suuuusahnya Kebangetan....

1. Gak mudeng arah Skripsi
2. GAPTEK (padahal banyak bahan2 dari InterNet) gak melulu harus dari Baca Buku,.... Kelamaan..... Bisa2 Skripsi kelar nanti samapi tahun KUTU....he he...
3. Ada Trik2 Cepat dalam mencariii Bahan yg di Ingin diCari dari InterNet,
4. Kalo SeGUNUNG bahan udang di Dapeet trusss Kalo gak bisa Mnegooolah sama Aja, boooooHong
5. Ada trik2 unik dalam mbegolah data,
6. ..........
7. Kalo 7Hari aja Bisa Kelarrrr.... Kenapa SKRIPSI Harus samapi TUAAAAAAAAA..

it's just teory.....

Kumpulan Skripsi Ada Disini

Sudah lihat belum kumpulan skripsi yang saya tawarkan, NO... ini saya berikan bukan untuk di Jiblak, hati-hati dalam pemakaiannya, Karena kalo gak ati2 bisa2 malah jadi binggung karena saking banyaknya Referensi... So gunakanlah dengan seBijaksana mungkin... Jangan menggantungkan dan merasa nyaman dengan memiliki koleksi ratusan Skripsi... Jadikan sebagai motivasi untuk sesegera mungkin menyelesaikan skripsi...